PENGARUH PENDAYAGUNAAN ZAKAT PRODUKTIF DALAM PROGRAM EKONOMI MANDIRI (E-Man) TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN MUSTAHIK (Studi Kasus Lembaga Zakat Center Cabang Kuningan Thoriqotul Jannah Indonesia)

Keywords:

Zakat Produktif, Pendapatan, Mustahik

Abstract

Pendayagunaan zakat produktif dalam program Ekonomi Mandiri (E-Man) adalah penggunaan dana zakat melalui program ekonomi mandiri yang diberikan kepada dhuafa (mustahik) agar dana tersebut bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan usaha dan meningkatkan pendapatan mustahik. Adapun tujuan Zakat Center dalam program Ekonomi Mandiri (E-Man) yaitu mengangkat derajat mustahik menjadi muzakki dan menjadikan mustahik menjadi manusia yang mandiri.
Bedasarkan hasil penelitian, variabel pendayagunaan zakat produktif memiliki pengaruh positif terhadap variabel peningkatan pendapatan mustahik. Hal ini dibuktikan bahwa, nilai thitung sebesar 2,743 > ttabel sebesar 2,052 dan dengan taraf signifikansi sebesar 0,011 < 0.05, maka Ha diterima dan Ho ditolak sehingga ada pengaruh antara pendayagunaan zakat produktif terhadap peningkatan pendapatan mustahik. Untuk variabel Pendayagunaan Zakat Produktif (X) dalam menjelaskan pengaruhnya terhadap Peningkatan Pendapatan Mustahik (Y) yaitu sebesar 21,8%, serta sisanya 78,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak terdapat pada penelitian ini.

Published

2023-07-14