Strategi Integrasi Kurikulum Pesantren Dan Kurikulum Madrasah Terhadap Perkembangan Karakter Peserta Didik

Authors

  • Ade Yulianti Universitas Islam Al-Ihya Kuningan

Keywords:

Strategi Kurikulum Integrasi, Kurikukulum Pesantren dan Kurikulum Madrasah

Abstract

Penyeragaman sistem pendidikan bagi pesantren yang dikehendaki pemerintah menimbulkan innerconflict di dalam pesantren antara kurikulum yang seragam dan sentral yang selama ini menjadi tradisi pengajaran pesantren. Maka atas dasar itu lah rangsangan tersebut lahirlah madrasah dari rahim pesantren yang mengintegrasikan kurikulum pesantren dengan kurikulum Madrasah Fenomena tersebut menimbulkan upaya-upaya dalam memaksimalkan proporsi pendidikan agama dan umum dalam sebuah kurikulum yang integratif. Salah satunya dalam upaya tersebut yaitu Pesantren MA Mualimin 297 PERSIS. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian diarahkan untuk mendapatkan data secara deskriptif yang memadai dari permasalahan penelitian ini menerapkan tiga model penggalian data, antara lain: Pertama, observasi. Kedua, wawancara mendalam (indepth nterview), dan metode focus group discussion. Kurikulum pengintegrasian terletak pada materi kurikulum PAI, Bahasa arab, Bahasa Inggris yang dapat melahirkan santri-santri yang berakhlakul karimah pengembangkan karakter tersebut yang bersumber dari agama, pancasila, budaya, agar mereka memiliki pengetahuan (knowledge), sikap (ettitude), dan perilaku (behavior) sehingga menjadi peserta didik yang selaras dengan tujuan pendidikan. Melalui 4 pilar pembelajaran learning to know, learning to do, learning live together, learning to be.

Published

2020-10-05