Pengaruh Penggunaan Metode Index Card Match Terhadap Hasil Belajar Siswa

Authors

  • Firda Halawati Universitas Islam Al-Ihya Kuningan

Keywords:

Metode index card match, hasil belajar siswa

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui penggunaan metode Index Card Match pada mata pelajaran IPA di MI Raudhatul Ulum Cikubangsari. (2) untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan metode Index Card Matchdi (3) untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan metode Index Card Match terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode Pre-experimental dengan one group pretest posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MI Raudhatul Ulum Cikubangsari yang berjumlah 196 siswa.Teknik  pengambilan sampel menggunakan sampling purposive. Sampel penelitian ini diambil dari dua kelas yaitu kelas VA sebagai kelas kontrol berjumlah 20 siswa dan kelas VB sebagai kelas eksperimen berjumlah 22 siswa, maka seluruh sampel yang digunakan berjumlah 42 siswa. Alat ukur yang digunakan adalah tes pilihan ganda. Tes diberikan pada tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest). Sebelum tes diberikan instrumen tes terlebih dahulu telah dianalisis validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran soal, dan daya pembeda soal. Analisis pengujian hipotesis data dalam penelitian ini menggunakan Independent Samples T-Test yang sebelumnya telah diuji normalitas dan homogenitasnya. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Penggunaan metode Index Card Match berlangsug baik. (2) Setelah data hasil tes awal dan tes akhir dari kedua kelas tersebut dianalisis akhirnya diperoleh hasil rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar 55 dan posttest sebesar 87,5 sehingga dari rata-rata pretest dan posttest terdapat kenaikan sebesar 59 %. Serta rata-rata pretest kelas kontrol sebesar 53,5 dan posttest 75,5 sehingga rata-rata pretest dan posttest terdapat kenaikan sebesar 41 %. Hal ini diperkuat dengan uji perbedaan rata-rata (Uji-t) yang diperoleh > yaitu 5,383 > 1,684 dan nilai signifikannya dibawah 0,05 yaitu 0,00< 0,05. Berdasarkan uji N-Gain diperoleh nilai N-Gain dari kelas eksperimen sebesar 0,72 yang berkriteria tinggi dan untuk kelas kontrol sebesar 0,50 yang berkriteria sedang. (3) Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan metode Index Card Match terhadap hasil belajar siswa.

Published

2020-10-05