Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Mengenai Persegi Panjang Berdasarkan Newman’s Error Analysis

Main Article Content

Adhistami Putri Pradani
Universitas Islam Al-Ihya Kuningan
Muhamad Arip Widosena
Universitas Islam Al-Ihya Kuningan

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan serta mengukur kesalahan siswa dalam mengerjakan soal matematika mengenai persegi panjang berdasarkan newman’s error analysis. Dimana hal tersebut memiliki beberapa prosedur diantaranya reading errors, comprehension errors, transformation errors, processing skill errors, dan encodings errors. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Dalam pelaksanaannya, peneliti melakukan penelitian di kelas III SDN 2 Karangmuncang dengan menggunakan instrumen tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Selain itu, peneliti menggunakan sampel 16 subjek untuk melakukan tes tulis, lalu peneliti melakukan reduksi hingga menjadi 4 partisipan sebagai triangulasi hasil tes tulis melalui interview. Selain itu, beberapa subjek memiliki kelemahan yaitu kurangnya pikiran yang kritis serta kurangnya pengetahuan tentang mengisi uraian secara utuh. Khusus untuk kesalahan tes tulis, siswa laki-laki lebih besar daripada siswa perempuan atau tidak lebih kecil daripada perempuan. Sedangkan untuk wawancara, kemampuan antara siswa laki-laki dan perempuan ditentukan oleh kecakapan dalam berbicara yang berpengaruh terhadap kualitas jawaban yang diberikan.


Keywords: Analisis Kesalahan, Matematika, Newman’s Error Analysis