Penggunaan Media Pembelajaran Pohon Cita-Cita Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Inggris

Main Article Content

Rinaepi
Universitas Islam Al-Ihya Kuningan
Henni Rosa Triwardani
Universitas Islam Al-Ihya Kuningan

Motivasi merupakan aspek yang dipertimbangkan dalam keberhasilan belajar. Siswa sekolah dasar dengan  karakteristik yang dimilikinya seperti menyenangi belajar dengan suasana rileks dan menyenangkan membutuhkan cara tersendiri dalam pengajaran. Media belajar merupakan aspek pendukung guna mengadopsi kebutuhan siswa tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana motivasi siswa dalam belajar dengan menggunakan media pembelajaran berupa pohon cita-cita. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif terhadap 40 populasi dan 36 sampel yang dipilih dengan  menggunakan teknik purposive sampling serta dianalis dengan menggunakan analisis deskriptif terhadap data yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, maka ditemukan bahwa motivasi siswa dalam belajar bahasa Inggris dengan menggunakan media pohon cita-cita adalah baik dan 3 profesi yang diminati adalah guru, dokter dan YouTuber.


Keywords: Motivasi, Media Pembelajaran, Cita-cita