PENGARUH BAHAN BAKAR PERTALITE DAN PERTAMAX MENGGUNAKAN ECO RACING TERHADAP DAYA SEPEDA MOTOR HONDA BEAT TAHUN 2014

Authors

  • Agus Adi Nursalim Agus Universitas Islam Al-Ihya Kuningan
  • Fikri Ulul Albab Universitas Islam Al-Ihya Kuningan
  • Angga Nuryana Universitas Islam Al-Ihya Kuningan

Keywords:

pertalite, pertamax, eco racing, daya kendaraan bermotor

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah pengendara kendaraan bermotor yang menginginkan daya kendaraan bermotornya meningkat dari spesifikasi standar namun konsumsi bahan bakar yang irit. Pengguna kendaraan bermotor menambahkan zat adiptif untuk meningkatkan daya namun konsumsi bahan bakarnya irit. Salah satunya adalah penggunaan zat adiptif eco racing, mampu meningkatkan daya kendaraan bermotor namun konsumsi bahan bakarnya irit serta tidak berpengaruh terhadap komponen mesinnya.

Hipotesis penelitian adalah bahan bakar pertalite dan pertamax yang menggunakan eco racing mempengaruhi daya kendaraan bermotor. Pendekatan penelitian secara kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen (experiment Research), bersifat deskriptif analitis. Percobaan untuk mendapatkan data dilakukan dengan variasi putaran mesin.

Berdasarkan hasil percobaan dan analisis pertalite dengan menggunakan eco racing dapat menaikan daya kendaraan bermotor sampai 23,19% dari standarnya serta mampu menurunkan konsumsi bahan akar sampai 2,44%. Pertamax dengan menggunakan eco racing dapat menaikan daya kendaraan bermotor sampai 2,26% dari standarnya serta mampu menurunkan konsumsi bahan bakar sampai 11,42%.

Hasil uji empiris pengaruh bahan bakar pertalite yang menggunakan eco racing terhadap daya kendaraan bermotor menunjukkan Nilai thitung> ttabel (3,162>2,13185) dan nilai signifikansi (sig.) sebesar 0,034 yang di bawah alpha 5%. Bahan bakar pertalite dengan menggunakan eco racing menjelaskan perubah daya kendaraan bermotor sebesar 14,1 %. Dan bahan bakar pertamax yang menggunakan eco racing terhadap daya kendaraan bermotor menunjukkan Nilai thitung> ttabel (3,479>2,13185) dan nilai signifikansi (sig.) sebesar 0,025 yang di bawah alpha 5%. Bahan bakar pertamax dengan menggunakan eco racing menjelaskan perubah daya kendaraan bermotor sebesar 47,9 %.

Published

2021-01-29