Upaya Meningkatkan Kepercayaan Diri Dengan Pelatihan Asertif Pada Siswa Kelas X IPS.2 SMA Negeri 3 Cikarang Utara Tahun Pelajaran 2018-2019

Authors

  • Munah Widiawati

Keywords:

Guidance and counseling, Group counseling, Assertive training, Students' self confidence in learning

Abstract

Meningkatkatkan Rasa Percaya Diri Dalam Pembelajaran Dengan Menggunakan Teknik Assertive Training Pada Siswa. Masalah penelitian ini adalah kepercayaan diri siswa dalam pembelajaran rendah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah teknik assertive training dapat meningkatkan percaya diri dalam pembelajaran siswa?”. Tujuan penelitian untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam pembelajaran siswa dengan menggunakan teknik assertive training. Metode yang digunakan yaitu quasi eksperimentaldengan desain one-group pretest-posttest.Subjek penelitian ini sebanyak 6 siswa yang memiliki kepercayaan diri siswa dalam pembelajaranrendah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala. Hasil penelitian menunjukkan bahwakepercayaan diri siswa dalam pembelajaran dapat ditingkatkan melalui teknik assertive trainingmenggunakan uji Wilcoxon, dari hasil analisis data post-test diperoleh Zhitung = -2,201< Ztabel 0,05=1,645. Dengan demikian, Ha diterima, artinya bahwa kepercayaan diri siswa dalam pembelajaran siswa kelas X dapat ditingkatkan menggunakan teknik assertive training di SMA Negeri 3 Cikarang Utara tahun pelajaran 2018-2019.

Published

2022-11-22

Issue

Section

Articles