PENILAIAN DALAM KURIKULUM 2013 DAN KURIKULUM MERDEKA

Authors

  • Fahad Achmad Sadat Pendidikan
  • Delis Sri Maryati
  • Ayu Maesyaroh
  • Ifah Nashifah
  • Ifin Arifin
  • Ridwan Maulani

Keywords:

Penilaian, Kurikulum 2013, Kurikulum Merdeka

Abstract

Perubahan merupakan sebuah keniscayaan yang tidak dapat ditolak dalam berbagai aspek kehidupaan. Salah satu aspek yang tidak dapat terlepas dari perubahan tersebut adalah pendidikan. Pendidikan sudah mengalami aneka macam perubahan & pemugaran kebijakan kurikulum. Kebijakan perubahan kurikulum 2013 adalah sebuah ikhtiar & wujud berdasarkan prinsip dasar kurikulum change amd continuity tersebut, yaitu output berdasarkan kajian, evaluasi, kritik, respon, prediksi, & aneka macam tantangan yg dihadapi. Jurnal ini memakai metode studi literatur menggunakan cara mengumpulkan literatur (bahan-bahan materi) yg bersumber berdasarkan aneka macam macam buku, jurnal, & internet. Berdasarkan pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa evaluasi merupakan suatu kegiatan yang tersusun rapih dan saling berkaitan satu sama lain yang bertujuan mengumpulkan informasi tentang proses dan hasil belajar siswa untuk mengambil keputusan berdasarkan kriteria dan aspek tertentu. Penilaian pada kurikulum 2013 lebih rumit dari kurikulum sebelumnya dan metode yang digunakan untuk menyampaikan apa yang diajarkan tidak efektif atau bahkan tidak sesuai dengan apa yang diajarkan. Berdasarkan kajian pustaka, kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim dikenal dengan Kebijakan Kebebasan Belajar. Kebijakan ini mencakup empat hal: 1) Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) dikembangkan oleh masing-masing sekolah, 2) Ujian Nasional (UN) menjadi tes minimum kompetensi dan kepribadian, 3) Kebebasan bagi pendidik untuk merencanakan rencana pelajaran (RPS), 4) Fleksibilitas dalam Peraturan Penerimaan Mahasiswa Baru. Kurikulum mandiri yang berorientasi pada kurikulum adalah OBE (Outcome Based Education). OBE adalah proses pendidikan yang ditujukan untuk mencapai hasil konkret tertentu (pengetahuan, keterampilan, dan perilaku yang berorientasi pada hasil).

Published

2022-12-29