PENERAPAN PEMBELAJARAN SENTRA DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN EMOSIONAL DI KB PERMATA HATI DESA WINDUJANTEN KECAMATAN KADUGEDE KABUPATEN KUNINGAN

Authors

  • Iman Universitas Islam Al-Ihya Kuningan
  • Dedeh Komalasari Universitas Islam Al-Ihya Kuningan
  • Tri Wulandari Universitas Islam Al-Ihya Kuningan

Keywords:

Penerapan pembelajaran sentra, Kecerdasan Emosional

Abstract

Pembelajaran berbasis sentra menghadirkan secara natural dunia nyata ke dalam kelas dan mendorong anak membuat hubungan antara pengetahuan yang dimiliki dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sehari-hari, melalui penerapan pembelajaran sentra dapat mengembangkan salah satunya kecerdasan emosional anak. Perkembangan emosional anak adalah kepekaan anak untuk memahami perasaan orang lain ketika berinteraksi dalam kehidupan sehari-hari. Tingkat interaksi anak dengan orang lain dimulai dari orang tua, saudara, teman bermain hingga masyarakat luas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran sentra dalam mengembangkan kecerdasan emosional di kelompok B KB Permata Hati. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian penerapan pembelajaran sentra dalam mengembangkan kecerdasan emosional anak kelompok B yang sebelumnya belum berkembang atau sedang ditahap masih berkembang disebabkan faktor anak yang belum bisa melakukan kegiatan mandiri,bersikap kooperatif dengan teman sebaya, disiplin dan mengikuti aturan sekolah. Melalui penerapan pembelajaran sentra kini anak-anak sudah memasuki tahap berkembang sesuai harapan atau berkembang sangat baik sesuai dengan empat indikator tingkat pencapaian anak. Adanya dukungan guru memberikan stimulasi terkait perkembangan kecerdasan emosional anak melalui kegiatan pembiasaan yang diterapkan di KB Permata Hati.

Published

2023-07-14