PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN KONVENSIONAL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA

Authors

  • Surdaya Juniawan STKIP SYEKH MANSHUR
  • Siti Nurhasanah STKIP SYEKH MANSHUR
  • Hadromi STKIP SYEKH MANSHUR
  • Siti Silvia STKIP SYEKH MANSHUR
  • Asep Saefullah Kamali STKIP SYEKH MANSHUR
  • Ismi Widyaningrum STKIP SYEKH MANSHUR

Keywords:

Minat belajar, Penggunaan media, Pendidikan matematika

Abstract

Jika fasilitas atau sarana yang memadai tersedia untuk mendukungnya, maka media pembelajaran modern, seperti laptop, proyektor, gadget, Chromebook, PowerPoint, dll dapat digunakan. Namun, di beberapa sekolah, alat bantu belajar tradisional seperti menggunakan karton, kartu, dan lain-lain masih digunakan karena kurangnya fasilitas. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan antusiasme siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri 2 Pandeglang dalam pembelajaran Matematika. Pendekatan penelitian ini menggunakan metode deskripsi kualitatif yang menggabungkan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, pencatatan, dan pengisian kuesioner. Melalui penerapan media pembelajaran tradisional, ternyata minat belajar siswa meningkat. Alasan penggunaan media pembelajaran tradisional adalah kurangnya fasilitas sekolah untuk mendukung penerapan media pembelajaran berbasis modern. Meski demikian, minat siswa dalam mengikuti pembelajaran matematika semakin membaik, hal itu dilihat dari keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran dan ditunjukan dalam hasil pengisisan angket.

Published

2023-07-14