Penerapan Model Pembelajaran Guided Note Taking (GNT) dengan Penggunaan Torso untuk Meningkatkan Hasil Belabor Biologi SMA Konsep Sistem Gerak
Keywords:
Guided Note Taking (GNT), Torso, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan ada tau tidak adana peningkatan hasil belajar Biologi SMA pada konsep Sistem Gerek dengan penerapan model pembelajaran Guided Note Taking (GNT) dengan penggunaan Torso. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Kuasi Eksperimen dengan desain prates-pascates satu kelompok (One Group Pretest-Posttest Design). Teknik Sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah Cluster Random Sampling. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah soap tes hasil belajar Biologi konsep Sistem Gerek berbentuk pilihan ganda sebanyak 25 sola. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalar uji z. Berdasarkan perhitungan uji z diperoleh nilai zhitung = 0.50, Sedangkan -ztabel = -2.33. Maka diperoleh hasil bahna zhitung > -ztabel pada taraf signifikansi 1%. Berdasarkan hasil tersebut, maka hipotesis yang menyebutkan bahwa model pembelajaran Guided Note Taking (GNT) dengan penggunaan torso data meningkatkan hasil belajar siswa pada konep sistem gerak dapat diterima dan pelajaran dapat dipahami dengan baik.