STRATEGI KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKANDI MTs NEGERI 7 KUNINGAN
Keywords:
Kepemimpinan, strategi kepemimpinan, mutu pendidikanAbstract
Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTs Negeri 7 Kuningan ini. Oleh karenanya permasalahan difokuskan pada bagaimana Bentuk dan upaya kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTs Negeri 7 Kuningan. Bagaimana faktor yang menjadi pendukung serta penghambat bagi kepala madrasah di MTs Negeri 7 Kuningan serta Bagaimana menganalisis tantangan dalam mengelola sumber daya manusia dan sarana prasarana. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriftif. Sumber data yang digunakan adalah observasi, wawancara,dan dokumentasi. Tehnik analisisnya meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Tehnik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi meliputi sumber, tehnik dan waktu. Hasil penelitian yang telah dilakukan peneliti adalah kepala sekolah membuat program dan strategi yang mengacu pada kepemimpinan situasional. Kemudian faktor yang mendukung bagi kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan di sekolahnya dengan manajemen kepala madrasah, kurikulum yang diterapkannya kurikulum desentralistik, kompetensi guru dalam melaksanakan program pembelajaran, anggaran pendidikan (dana), dan Optimalisasi kerjasama antara pihak madrasah dengan orang tua siswa. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kualitas sarana prasarana, kualitas guru dalam pelaksanaan pembelajaran.