PENGARUH PENDIDIKAN AKHLAK DI LINGKUNGAN KELUARGA DAN PERGAULAN TEMAN SEBAYA TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL SISWA DI SMPN SE KECAMATAN JAPARA
Keywords:
Pendidikan, Akhlak, Keluarga, Teman Sebaya, Kecerdasan, EmosionalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi dan menganalisis dampak pendidikan akhlak dalam lingkungan keluarga serta interaksi dengan teman sebaya terhadap tingkat kecerdasan emosional para siswa di Sekolah Menengah Pertama di wilayah Kecamatan Japara. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan melaksanakan survei untuk menguji hipotesis-hipotesis yang telah diusulkan. Partisipan dalam penelitian ini adalah 91 siswa yang bersekolah di berbagai SMP di Kecamatan Japara, yang dipilih secara acak sebagai sampel penelitian. Pengumpulan data dilakukan melalui distribusi kuesioner kepada responden. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini telah divalidasi menggunakan metode Product Moment dan diuji reliabilitasnya menggunakan koefisien Alpha Cronbach. Analisis regresi digunakan untuk menguji hipotesis-hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pendidikan moral dalam lingkungan keluarga memiliki dampak positif terhadap tingkat kecerdasan emosional siswa, (2) interaksi dengan teman sebaya berpengaruh positif terhadap kecerdasan emosional siswa, dan (3) pendidikan moral dalam lingkungan keluarga serta interaksi dengan teman sebaya secara bersama-sama memiliki dampak positif terhadap tingkat kecerdasan emosional siswa.