PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS VIII DI SMPN SE-KECAMATAN JAPARA
Keywords:
Motivasi Belajar, Gaya Belajar, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh motivasi belajar dan gaya belajar terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa di SMPN se-Kecamatan Japara. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan survey untuk menguji hipotesis yang telah dirumuskan. Subjek penellitian adalah siswa-siswa yang ada di SMPN se-Kecamatan Japara yang berjumlah 91 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Data Pengambilan data diperoleh dengan penyebaran angket kepada responden. Instrument yang diberikan terlebih dahulu di validasi dengan Product Moment dan di uji reliabilitasnya menggunakan Alpha Cronbach. Pengujian hipotesis dilakukan menggunakan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) motivasi belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar pendidikan agama islam, (2) gaya belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar pendidikan agama islam, (3) motivasi belajar dan gaya belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar pendidikan agama islam.