TIPOLOGI PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM INDONESIA DALAM MEMBENTUK KARAKTER MODERAT (ANALISIS KURIKULUM MERDEKA)
Keywords:
Tipologi,Pemikiran Pendidikan Islam, Kurikulum Merdeka, Karakter ModeratAbstract
Perubahan zaman dan perkembangan teknologi menggerakkan stakeholder pendidikan untuk memperbaiki atau memperbarui sistem pendidikan. Pembaruan tersebut berpusat pada perubahan kurikulum yang kemudian mengubah seluruh atau sebagian besar konsep teknis pelaksanaan pendidikan. Di dalam Pendidikan Islam, perubahan kurikulum didasari oleh tipe pemikiran Pendidikan Islam yang menyejarah sejak periode klasik sampai modern. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana tipologi pemikiran pendidikan Islam, bagaimana tipologi pemikiran pendidikan Islam di dalam Kurikulum Merdeka, dan bagaimana relevansi antara tipologi pemikiran pendidikan Islam Indoensia dengan Kurikulum Merdeka dalam membentuk kakrakter moderat. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan kepustakaan (library research). Pada tahap analisis data, peneliti ini menggunakan teknik analisis isi (content analisys) yang tahapannya meliputi penentuan permasalahan, menyusun kerangka pemikiran, menyusun perangkat metodologi, analisis data, dan interpretasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara substansi terdapat tipe pemikiran Pendidikan Islam Indonesia dalam kerangka umum Kurikulum Merdeka. Hal itu tercermin dalam implementasi kurikulum yakni pembentukan Profil Pelajar Pancasila. Enam profil yang meliputi, beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia; mandiri; bergotong-royong; berkebinekaan global; bernalar kritis; dan kreatif. Keenamnya merupakan landasan utama dalam membentuk karakter moderat dalam beragama, moderat dalam kehidupan social, bermasyarakat, dan berbudaya.