EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA KOMIK KISAH TELADAN NABI MUHAMMAD SAW PADA MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MENINGKATKAN SIKAP TOLERANSI BERAGAMA PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR NEGERI 17 KUNINGAN
Keywords:
Media komik, Pendidikan Agama Islam, Sikap toleransi beragamaAbstract
Membaca merupakan pedoman bagi seluruh umat Islam. Media sangat penting untuk pembelajaran yang efektif dan efisien. Untuk mendapatkan efek yang tinggi dari media pembelajaran khususnya media komik, tidak mudah untuk memahami metode dan teknik penggunaan media tersebut. Hasil observasi dan wawancara pra penelitian dengan salah satu guru, didapat permasalahan pada proses belajar mengajar di sekolah Sekolah Dasar Negeri (SDN) 17 Kuningan dalam mengaplikasikan teknologi masih kurang, diantaranya masih menggunakan buku manual yang jumlahnya tidak sebanding begitu juga penggunaan media pembelajaran pendukung sangat jarang digunakan dalam pembelajaran pengembangan media yang hanya terbatas pada cetak ataupun presentasi power point seingga percepatan pemahaman materi yang diberikan sangatlah lambat. Tujuan penelitia, untuk menguji hipotesis keefektifan dan menguji implementasi media komik kisah keteladanan nabi Muhammad SAW dapat meningkatkan kemampuan sikap toleransi dalam beragama peserta didik SDN 17 Kuningan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experiment atau eksperimen semu. Metode quasi experiment berbeda dengan eksperimen sejati, penempatan subjek pada kelompok yang diteliti dalam metode quasi experiment tidak dilakukan secara acak. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan media komik keteladanan Nabi Muhammad SAW pada materi Pendidikan Agama Islam secara efektif digunakan pada siswa di SD Negeri 17 Kuningan. Implementasi media komik Keteladanan Nabi Muhammad SAW pada kelas eksperimen dapat meningkatkan kemampuan sikap toleransi dalam beragama peserta didik dengan menggunakan media komik pada kelas eksperimen terhadap materi perilaku terpuji pada pembelajaran PAI mampu meningkatkan kemampuan toleransi beragama siswa secara signifikan. Media komik pada kelas eksperimen terhadap materi perilaku terpuji pada pembelajaran PAI mampu meningkatkan kemampuan hasil belajar peserta didik secara signifikan.