PERAN PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK SISWA KREATIF DAN INOVATIF DI ERA SOCIETY 5.0 PADA SISWA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 7 KUNINGAN
Keywords:
Society 5.0, Siswa Kreatif dan Inovatif, Pembelajaran Akidah AkhlakAbstract
Dunia pendidikan berperan penting dalam meningkatkan kualitas SDM (Sumber Daya Manusia) Untuk menjawab tantangan Society 5.0 dalam dunia pendidikan diperlukan kecakapan hidup abad 21 atau lebih dikenal dengan istilah 4C (Creativity, Critical Thingking, Communication, Collaboration). Akidah Akhlak merupakan salah satu mata pelajaran yang termasuk dalam muatan kurikulum pendidikan madrasah. Konten materi yang diajarkan berkaitan dengan dasar-dasar keimanan dan juga berkaitan dengan akhlak-akhlak yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari, baik itu akhlak terpuji maupun akhlak tercela. Pembelajaran akidah akhlak di Madrasah Tsanawiyah menunjukkan efektivitas yang tinggi berdasarkan berbagai indikator penelitian. Siswa mampu mencapai kompetensi dasar dan inti, memiliki tingkat kehadiran yang tinggi, aktif dalam kegiatan keagamaan, menunjukkan perilaku yang baik, serta mengalami peningkatan pengetahuan dan kepuasan terhadap pembelajaran. Hal ini menunjukkan bahwa program pembelajaran akidah akhlak telah berhasil dalam mencapai tujuan pembelajaran dan pengembangan karakter siswa. Efektivitas pembelajaran Akidah Akhlak di MTs Negeri 7 Kuningan dapat dinilai mampu membentuk karakter siswa yang kreatif dan inovatif di era Society 5.0 hal ini sebagaimana disampaikan oleh para narasumber bahwa pembelajaran Akidah Akhlak mendorong para siswa untuk berpikir kreatif dan inovatif sambil tetap memegang teguh nilai-nilai moral. Ini sangat penting di era Society 5.0, di mana teknologi berkembang pesat dan siswa perlu menggunakannya dengan bijak. Pelaksanaan Pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Negeri 7 Kuningan berjalan efektif dan efisien meski terdapat hambatan dan tantangan dalam proses belajar mengajarnya. Efektivitas pembelajaran Akidah Akhlak di MTs 7 Kuningan dapat dinilai mampu membentuk karakter siswa yang kreatif dan inovatif di era Society 5.0.