IMPLEMENTASI TAWASULAN SEBAGAI METODE PEMBINAAN MENTAL DALAM MENINGKATKAN AKHLAQUL KARIMAH SISWA DI MTs NURUL HUDA MUNJUL

Authors

  • AH. YUSRO Universitas Islam A-Ihya Kuningan

Keywords:

Tawasulan, Mental, Akhlaqul Karimah

Abstract

Tradisi tawasulan yang ada di MTs Nurul Huda Munjul memberikan implikasi psikologis positif  bagi para siswa. Hal ini ditandai dengan terciptanya kehidupan bagi siswa yang memiliki akhlak terpuji, tentram, akur, dan damai. Bagi para siswa, tradisi tawasulan memberikan  dampak psikologis munculnya kesadaran diri yang bersifat bathiniyah tentang pentingnya rasa tanggung jawab dalam menimba ilmu. Perasaan tersebut mendorong para siswa untuk serius dan tekun dalam belajar serta berusaha menjalani kehidupan sehari-hari  dengan akhlak terpuji sesuai dengan tata nilai yang ada di lingkungan pondok pesantren. Sebagai wujud dan komitmen sekolah terhadap pembinaan akhlak siswa, maka MTs Nurul Huda Munjul hadir untuk memberikan solusi dengan melakukan kegiatan tawasulan sebagai bentuk pembinaan mental siswa, sehingga memiliki akhlak terpuji sebagai bekal menjalani kehidupan sehari-hari. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Deskriptif adalah metode dalam meneliti status kelompok manusia, suatu sistem pemikiran ataupun suatu kelas pristiwa pada masa sekarang, bertujuan untuk membuat gambaran secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat serta hubungan antara fenomena yang diselidiki. Sedangkan pendekatan fenemonologis berusaha memahami arti peristiwa dan kaitan-kaitannya terhadap orang-orang biasa dalam situasi-situasi tertentu. Dalam penelitian ini akan digambarkan sekelompok siswa yang secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat kegiatan, dan peristiwa yang berkaitan dengan kegiatan tawasulan di MTs Nurul Huda Munjul.

Downloads

Published

2024-08-20