ANALISIS STRATEGI PEMBELAJARAN TAHSIN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN DI MTsN 9 KUNINGAN KECAMATAN MALEBER

Authors

  • Zulfatul Wahyuni Universitas Islam A-Ihya Kuningan
  • Aep Saepudin Universitas Islam Al-Ihya Kuningan

Keywords:

Strategi Pembelajaran, Pembelajaran Tahsin, Menghafal Al-Qur’an

Abstract

Strategi pembelajaran merupakan rencana pembelajaran yang dibuat sebelum pembelajaran dilaksanakan biasanya dibuat oleh guru sebelum pembelajaran dimulai dan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang efektif sesuai dengan apa yang diharapkan. Penelitian ini membahas mengenai strategi pembelajaran Tahsin dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an, kendala pada saat pembelajaran Tahsin dalam meningkatkan mengahafal Al-Qur’an serta bagaimana cara mengatasi kendala yang dihadapi pada saat pembelajaran Tahsin dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an di MTsN 9 Kuningan.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai strategi pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an yang digunakan oleh guru dan mendeskripsikan solusi yang dilakukan oleh guru pada saat pembelajaran sebagai upaya untuk mengatasi kendala pada pembelajaran Tahsin. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi.  Adapun informan dalam penelitian ini yaitu wawancara kepada guru dan siswa di MTsN 9 Kuningan. Berdasarkan hasil dari penelitian ini bahwasannya kendala yang dialami oleh siswa seperti siswa kurang paham akan materi Tahsin, keterbatasan sarana dan prasarana pembelajaran dan kurangnya keaktifan guru dalam menjelaskan materi pada pembelajaran Tahsin. Solusi yang dilakukan oleh guru guna mengatasi kendala tersebut antara lain menumbuhkan minat dan memberikan motivasi kepada siswa mengenai pentingnya pembelajaran tahsin agar siswa terus belajar dan menghafal Al-Qur’an sesuai dengan ajaran Islam.

Downloads

Published

2025-01-31