PERAN GURU PAI DALAM MENGADAPTASI KURIKULUM MERDEKA DI SMAN 1 KUNINGAN
Keywords:
Peran Guru, Kurikulum Merdeka, Pendidikan Agama IslamAbstract
Pendidikan dapat menjadi suatu persiapan untuk melangkah maju, berkembang, mengubah informasi, keterampilan, dan perilaku serta perilaku seseorang atau kelompok dalam suatu upaya untuk mendidik kehidupan manusia melalui kegiatan bimbingan, pengajaran dan pelatihan. Hal tersebut menjadi pokok bahasan untuk mengkaji peran guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam mengadaptasi Kurikulum Merdeka di SMAN 1 Kuningan. Kurikulum Merdeka yang dihadirkan sebagai upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia menitikberatkan pada kebebasan dan kreativitas siswa dalam belajar. Dalam konteks ini, peran guru sangat penting untuk menjamin bahwa tujuan program pendidikan dapat terlaksana secara efektif. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan guru PAI, pengamatan di kelas, dan analisis laporan terkait program pendidikan dan pelaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI di SMAN 1 Kuningan memegang peranan penting dalam menyiapkan Kurikulum Merdeka melalui berbagai teknik pengajaran yang kreatif dan berpusat pada siswa. Instruktur PAI juga menghadapi sejumlah tantangan, termasuk keterbatasan sumber daya, kebutuhan untuk persiapan tambahan, dan masalah dari siswa itu sendiri. Namun, penyesuaian program pendidikan ini memiliki dampak positif pada keterlibatan siswa dalam pembelajaran, meningkatkan kemampuan berpikir kritis, dan memperkuat nilai-nilai agama. Pertimbangan ini mengusulkan perlunya dukungan yang lebih besar dari sekolah dan pemerintah dalam bentuk persiapan, sumber daya, dan pendekatan yang mendukung pelaksanaan program Kurikulum Merdeka dengan efektif.