PERAN GURU PAI PADA KEGIATAN RAMADHAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER BERIBADAH SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) NEGERI 8 KUNINGAN
Keywords:
Peran Guru PAI, Kegiatan Ramadhan, Karekter BeribadahAbstract
Peran guru pai pada kegiatan ramadhan dalam membentuk karakter beribadahsiswa di madrasah tsanawiyah negeri 8 kuningan. Penelitian ini bertujuan untuk memahami peran guru PAI dalam membentuk karakter beribadah siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 8 Kuningan melalui kegiatan Ramadhan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI memiliki peran penting dalam merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi kegiatan Ramadhan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 8 Kuningan. Guru PAI juga berperan sebagai teladan, motivator, fasilitator, da n pembimbing bagi siswa dalam kegiatan Ramadhan. Kegiatan Ramadhan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 8 Kuningan, ada beberapa program kegiatan seperti kegiatan pesantren kilat,buka bersama,zakat, dan berbagi takjil. Kegiatan-kegiatan tersebut efektif dalam membentuk karakter beribadah siswa. Seperti keikhlasan, kekhusyuan, kesungguhan, dan konsistensi. Faktor-faktor yang mendukung efektivitas kegiatan Ramadhan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 8 Kuningan adalah komitmen pimpinan madrasah, kreativitas guru PAI, antusiasme siswa, kerjasama orang tua, dan dukungan masyarakat. Sedangkan faktor penghambatnya adalah keterbatasan sarana prasarana, kurangnya kesadaran siswa, kurangnya waktu dan kesempatan, dan ketidaksepahaman atau perbedaan pandangan. Berdasarkan hasil penelitian ini.