Efektivitas Layanan Konseling Kelompok dengan Analisis Transaksional untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa
DOI:
https://doi.org/10.55324/basic.v6i1.202Keywords:
layanan konseling kelompok, pendekatan analisis transaksional, kecerdasan emosiAbstract
Penelitian ini membahas efektivitas layanan konseling kelompok dengan pendekatan analisis transaksional untuk meningkatkan kecerdasan emosional siswa di madrasah tsanawiyah negeri 10 kuningan. dilatar belakangi oleh siswa yang memiliki latar belakang keluarga yang kurang harmonis, faktor orang tuanya sibuk bekerja di luar kota, salah satu orang tuanya sudah meninggal dunia ataupun bercerai. Siswa-siswa tersebut tidak mendapatkan pelatihan kecerdasan emosional dari orang tuanya dirumah yang menyebabkan mereka tidak mampu mengendalikan emosinya sehingga menimbulkan terganggunya keamanan atau kerugian bagi dirinya dan orang lain. Penelitian ini menggunakan pendekatan True Eksperimen desain dengan pretest-posttest control Group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII.4 di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kuningan. Sampel yang digunakan sebanyak 14 siswa dengan dibagi menjadi 2 kelompok yang dipilih secara randomĀ yang pertama kelompok eksperimen dan yang kedua kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan Skala kecerdasan emosional. Layanan konseling kelompok dengan pendekatan analisis transaksional efektif untuk meningkatkan kecerdasan emosional siswa dengan nilai rata-rata pada kecerdasan emosional peserta didik sebelum diberi treatment sebesar 69.6 dan nilai rata-rata setelah diberi treatment meningkat menjadi 76.7, nilai mean posttest kelompok eksperimen (73.571) lebih besar dari posttest kelompokĀ kontrol (62.257) adanya perbedaan antara posttest skala kecerdasan emosional kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol.