Peran Pengawasan Orang Tua terhadap Aktivitas Belajar Siswa Menggunakan Smartphone Selama Masa Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.55324/basic.v6i1.203Keywords:
pengawasan orang tua, aktivitas belajar, smartphone, belajar onlineAbstract
Pandemi Covid-19 telah memaksa guru dan siswa untuk melakukan pembelajaran hanya dilakukan dari rumah, hal ini tentu dapat membuat orang tua lebih mudah dalam mengawasi aktivitas belajar anak secara langsung. Kegiatan pembelajaran secara online yang diberikan oleh guru, orang tua dapat memantau sejauh mana kompetensi dan kemampuan anaknya secara real, penggunaan Smartphone dapat dikontrol hanya sebatas untuk kebutuhan belajar anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran hubungan atau pengaruh peran pengawasan orang tua terhadap aktivitas belajar menggunakan Smartphone di SDN 002 Batu Ampar Kota Batam Tahun Ajaran 2020-2021 selama masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, dengan metode deskriptif asosiatif, teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Pengujian validitas menggunakan SPSS dengan melihat Corrected Item-Total Correlation yang kemudian dibandingkan dengan tabel r ≥ 0,30. Pengujian dengan melihat koefisien Cronbach’s Alpha Cronbach’s Alpha > 0,60. Pada uji normalitas menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov (1 Sampel KS) dengan melihat nilai Asymp Sig. Asymp Sig. (2-tailed) > 0,05, dari seluruh variabel data berdistribusi normal. Uji homogenitas, kriteria apabila tabel Fhitung = 4.232 > Ftabel = 2.247 penelitian memiliki varian yang homogeny. Uji linearitas pengambilan keputusan jika nilai signifikansi 0,039, > 0,05 maka kesimpulannya terdapat hubungan linier secara siginifikan antara variable. Pada hasil uji hipotesis dengan melihat nilai Thitung 2.079 > Ttabel 1.969 maka disimpulkan, hipotesis H0 ditolak, H1 diterima. Pada nilai koefisien determinasi (R2) 0,15 menunjukkan bahwa persentase sumbangan pengaruh pengawasan orang tua sebesar 15% terhadap aktivitas belajar menggunakan smartphone.
Published
Issue
Section
Copyright (c) 2022 BASIC: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.