Pengembangan LKPD Berbasis Model Pictorial Riddle Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis di SD
DOI:
https://doi.org/10.55324/basic.v6i1.242Keywords:
LKPD; pictorial riddle; berpikir kritisAbstract
Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan dan mendeskripsikan kelayakan dan efektivitas LKPD PPKn berbasis pictorial riddle dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan yang merujuk pada teori Borg and Gall. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD di Kecamatan Bangunrejo. Sampel penelitian adalah 32 peserta didik kelas IV A SDN 1 Bangunrejo yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui lembar angket, lembar observasi dan soal tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD berbasis pictorial riddle layak digunakan, serta efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik
Published
Issue
Section
Copyright (c) 2022 BASIC: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.