Pengembangan LKPD Berbasis Model Pictorial Riddle Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis di SD

Authors

  • Randi Setia Nugraha Program Studi Informatika STMIK Kalirejo Lampung, Lampung, Indonesia
  • Eka Septiana Program Studi Informatika STMIK Kalirejo Lampung, Lampung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55324/basic.v6i1.242

Keywords:

LKPD; pictorial riddle; berpikir kritis

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan dan mendeskripsikan kelayakan dan efektivitas LKPD PPKn berbasis pictorial riddle dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan yang merujuk pada teori Borg and Gall. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD di Kecamatan Bangunrejo. Sampel penelitian adalah 32 peserta didik kelas IV A SDN 1 Bangunrejo yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui lembar angket, lembar observasi dan soal tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD berbasis pictorial riddle layak digunakan, serta efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik

Published

2022-03-20