Pengaruh Kemampuan Awal Terhadap Hasil Belajar dalam Pembelajaran Matematika Realistik

Authors

  • Ian Harum Prasasti Program Studi Informatika STMIK Kalirejo Lampung, Lampung, Indonesia
  • Donny Muda Priyangan Program Studi Informatika STMIK Kalirejo Lampung, Lampung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55324/basic.v6i1.243

Keywords:

kemampuan awal;, hasil belajar;, pembelajaran matematika realistik

Abstract

Guru sebaiknya dapat mencari metode pembelajaran yang sesuai dengan tingkat kemampuan awal yang berbeda-beda, sehingga proses pembelajaran dapat menyenangkan dan membuat siswa menjadi lebih tertarik untuk belajar secara aktif serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kemampuan awal terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika realistik. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII semester genap salah satu SMP Negeri di Lampung Tahun Pelajaran 2021/2022 sebanyak 32 siswa yang diambil secaraacak. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah metode dokumentasi untuk mengetahui kemampuan awal serta menggunakan metode tes untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika realistik. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh antara kemampuan awal terhadap hasil belajar siswa dalam pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik di kelas VII SMP Negeri di Lampung Tahun Pelajaran 2021/2022. Dimana koefisien determinan 0,593 yang berarti 59,30% variasi hasil belajar bangun segitiga ditentukan oleh penguasaan materi garis dan sudut di dalam pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR), persamaan garis regresi blobid0.png  menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan awal siswa dalam Pembelajaran Matematika Realistik dapat membuat hasil belajar siswa yang lebih maksimal

Downloads

Published

2022-03-20