Pengaruh Kemampuan Awal Terhadap Hasil Belajar dalam Pembelajaran Matematika Realistik
DOI:
https://doi.org/10.55324/basic.v6i1.243Keywords:
kemampuan awal;, hasil belajar;, pembelajaran matematika realistikAbstract
Guru sebaiknya dapat mencari metode pembelajaran yang sesuai dengan tingkat kemampuan awal yang berbeda-beda, sehingga proses pembelajaran dapat menyenangkan dan membuat siswa menjadi lebih tertarik untuk belajar secara aktif serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kemampuan awal terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika realistik. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII semester genap salah satu SMP Negeri di Lampung Tahun Pelajaran 2021/2022 sebanyak 32 siswa yang diambil secaraacak. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah metode dokumentasi untuk mengetahui kemampuan awal serta menggunakan metode tes untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika realistik. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh antara kemampuan awal terhadap hasil belajar siswa dalam pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik di kelas VII SMP Negeri di Lampung Tahun Pelajaran 2021/2022. Dimana koefisien determinan 0,593 yang berarti 59,30% variasi hasil belajar bangun segitiga ditentukan oleh penguasaan materi garis dan sudut di dalam pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR), persamaan garis regresi menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan awal siswa dalam Pembelajaran Matematika Realistik dapat membuat hasil belajar siswa yang lebih maksimal
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.