Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Perilaku Sosial Anak Tunagrahita Ringan Di SLB Perwari Kuningan

Authors

  • O Rahmat Hidayat Universitas Islam Al-Ihya (UNISA) Kuningan
  • Prastika Divia Cahyarezqi Universitas Islam Al-Ihya (UNISA) Kuningan

Keywords:

PAI, Perilaku Sosial, dan Anak Tunagrahita Ringan

Abstract

Pembinaan perilaku sosial merupakan suatu aktifitas yang sangat penting, terlebih dalam pendidikan agama Islam yang benar-benar menjadi bagian dari kepribadiannya dan  akan menjadi pengendalian dalam hidupnya dikemudian hari. Pendidikan agama Islam hendaknya benar-benar diberikan oleh guru PAI agar pengajaran tersebut tercermin dalam sikap, tingkah laku, gerak-gerik yang menyangkut keseluruhan pribadi seorang siswa, terlebih untuk siswa tunagrahita ringan yang pada dasarnya mempunyai intelegensi dan sosial yang sangat lemah. Penelitian bertujuan untuk: 1) untuk mengetahui perilaku sosial anak tunagrahita ringan di SLB Perwari Kuningan. 2) untuk mengetahui peran guru PAI dalam pembinaan perilaku sosial anak tunagrahita ringan di SLB Perwari Kuningan dan 3) untuk mengetahui faktor penghambat perilaku sosial anak tunagrahita ringan di SLB Perwari Kuningan. Metode yang digunakan oleh peneliti yaitu metode kualitatif dan deskriptif,yaitu peneliti yang berusaha mendeskripsikan suatu gejala, peristiwa kejadian yang terjadi pada saat ini. Data penelitian yang didapat melalui observasi dan wawancara. Perilaku sosial anak tunagrahita ringan di SLB Perwari Kuningan diperlukan pembiasaan-pembiasaan dalam pembelajaran disekolah yang dilakukan oleh guru pendidikan agama Islam. Seperti setiap pagi sebelum masuk kelas pembiasaannya yaitu praktik sholat dan bacaan sholat, bacaan surat-surat pendek.

Published

2021-05-05