Pengaruh Keterampilan Reinforcement Guru terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika (Studi Penelitian Di Madrasah Ibtidaiyah PUI Cipari II)

Authors

  • Nur Rohmatillah Universitas Islam Al-Ihya (UNISA) Kuningan
  • Umu Afiyah Universitas Islam Al-Ihya (UNISA) Kuningan

Keywords:

Keterampilan Reinforcement, Keterampilan Guru, Minat Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterampilan reinforcement guru terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Lokasi penelitian dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah PUI Cipari II yang beralamat di Kelurahan Cipari, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang dipergunakan adalah teknik sampling jenuh yang merupakan teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Penulis menetapkan jumlah sampel penelitian adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 32 orang di Madrasah Ibtidaiyah PUI Cipari II. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data penelitian berupa angket dengan skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Keterampilan reinforcement guru telah mencapai 71,60%, sehingga termasuk pada kategori kriterium tinggi, dengan jarak interval 66,68 – 100%, (2) Minat belajar siswa telah mencapai 70,42%, sehingga termasuk pada kategori kriterium tinggi, dengan jarak interval 66,68 – 100%, (3) Terdapat pengaruh yang signifikan dari keterampilan reinforcement guru terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika di Madrasah Ibtidaiyah PUI Cipari II, dikarenakan nilai nilai signifikan 0,000  0,050 dan nilai thitung (17,100)  ttabel (2,040). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemberian reinforcement dalam proses belajar memiliki pengaruh yang positif terhadap siswa salah satunya yaitu dapat meningkatkan minat siswa dalam belajar.

Published

2021-05-05