KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER DALAM BUKU PRIBADI HEBAT KARYA BUYA HAMKA DAN RELEVANSINYA PADA PENDIDIKAN KONTEMPORER

Authors

  • Asanah Universitas Islam Al-Ihya Kuningan

Keywords:

Pendidikan Karakter, Demoralisasi, Pendidikan Kontemporer

Abstract

Abstrak

Pendidikan karakter dan demoralisasi di kalangan pelajar menjadi permasalah dalam pendidikan kontemporer saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kandungan pendidikan karakter dalam buku Pribadi Hebat karya Buya Hamka sehingga menjadi sebuah konsep pendidikan karakter yang menjawab permasalahan pendidikan kontemporer saat ini. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kepustakaan, pengumpulan data dengan membaca tingkat simbolik dan semantik pada sumber-sumber literatur yang relevan, dan dianalisis menggunakan metode analisis Miles dan Huberman melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dalam buku Pribadi Hebat karya Buya Hamka terdapat tiga konsep pendidikan karakter yaitu: 1) memahamkan pentingnya nilai karakter kepada anak, 2) memberikan kebebasan kepada anak dalam mengembangkan karakternya, dan 3) penguatan karakter dengan agama dan ibadah. Dan terdapat relevansi antara konsep pendidikan karakter dalam buku Pribadi Hebat karya Buya Hamka dengan pendidikan kontemporer. Di mana permasalahan pada pendidikan kontemporer saat ini adalah minimnya pendidikan karakter dan maraknya demoralisasi di kalangan pelajar yang disebabkan oleh adanya internet, aplikasi media sosial, kurangnya pengawasan orang tua, dan minimnya pendidikan karakter di sekolah.

Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Demoralisasi, Pendidikan Kontemporer

Published

2022-09-15