EVALUASI KEBIJAKAN KEGIATAN KEPROTOKOLAN DALAM MEWUJUDKAN KUALITAS LAYANAN KEPROTOKOLAN PADA BAGIAN HUMAS SETDA KABUPATEN KUNINGAN
Keywords:
Kebijakan, Protokol, Kualitas LayananAbstract
Dalam penelitian ini metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif studi kasus dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data primer dilakukan dengan wawancara terhadap key informan yaitu : Kepala bagian Humas, Kepala Bagian Pembangunan dan Kepala sub bagian protokol pada bagian Humas Setda Kabupaten Kuningan, Staf bagian protokol. Pengujian keabsahan data dilakukan dengan melakukan teknik trianggulasi. Pengecekan data dilakukan untuk memastikan bahwa data yang diperoleh adalah data sahih, akurat dan valid, maka dilakukan validitas data dengan teknik trianggulasi yaitu dengan mengajukan pertanyaan yang sama pada informan yang berbeda (cross check) terhadap data maupun informasi dari hasil wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor efektivitas, efisiensi, kecukupan, perataan, responsivitas, ketepatan dan kualitas layanan menjadi faktor yang menyebabkan tidak optimalnya implementasi kebijakan kegiatan keprotokolan dalam mewujudkan kualitas layanan keprotokolan pada bagian Humas Setda Kabupaten Kuningan.