PENGARUH MEDIA GAMBAR BERBASIS DIGITAL TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA PESERTA DIDIK KELAS II SDN 1 BLAMBANGAN LAMPUNG UTARA
Keywords:
Bahasa Indonesia, Hasil Belajar, Media GambarAbstract
Masalah dalam penelitian ini peserta didik masih kesulitan dalam memahami materi pelajaran saat terjadinya proses pembelajaran, hal itu mengakibatkan nilai hasil belajar peserta didik masih belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Maka dari itu peneliti menyimpulkan bahwa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia perlunya memakai media pembelajaran yang dapat membuat nilai peserta didik memenuhi KKM. Adapun tujuan pada penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh penggunaan media gambar berbasis digital terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia pada peserta didik kelas II di SDN 1 Belambangan Lampung Utara. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen dan jenis eksperimennya yaitu Quasi Eksperiment. Jenis penelitian ini dengan cara yang digunakan adalah menggunakan pretest dan postest di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 1 Blambangan Lampung Utara dengan teknik pengambilan sampel yaitu dengan teknik Cluster Random Sampling. Pengambilan sampel pada penelitian ini terdiri dari dua kelompok kelas diantaranya kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dimana kelas eksperimen tersebut adalah kelas II A dan untuk kelas kontrol adalah kelas II B. Dengan teknik pengambilan data menggunakan tes. Data diperoleh dari buku-buku tentang Media gambar berbasis digital dan jurnal-jurnal yang terkait dengan media gambar berbasis digital dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Berdasarkan hasil analisis data, maka dapat dikatakan bahwa media gambar berbasis digital dalam perhitungan Uji-t, didapatkan nilai sig 0,000 maka jika nilai Sig 0,05 (5%) pada Sig (2-tailed) maka H0 ditolak dan HI diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan media gambar berbasis digital terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia peserta didik kelas II di SDN 1 Blambangan Lampung Utara, dan pembelajaran Bahasa Indonesia melalui media gambar berbasis digital dapat berdampak positif dalam proses pembelajaran dan hasil belajar peserta didik.