PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI MI AL-HIKMAH KUTARAJA

Authors

Keywords:

Model Pembelajaran Think Pair Share, Pemahaman Konsep Siswa

Abstract

Tujuan  penelitian ini (a) Untuk Mendapatkan gambaran model pembelajaran tipe TPS siswa pada mata pelajaran IPS di MI AL-Hikmah Kutaraja Maleber Kabupaten Kuningan. (b) Untuk Mendapatkan gambaran tentang pemahaman konsep siswa Pada Mata Pelajaran IPS siswa MI AL-Hikmah Kutaraja Maleber Kabupaten Kuningan. (c) Untuk Mendapatkan gambaran Seberapa besar pengaruh metode TPS  terhadap pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran IPS  di MI AL-Hikmah Kutaraja Maleber Kabupaten Kuningan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yang dibagi dalam dua kelompok sampel yaitu kelas V A  berjumlah 23 orang sebagai kelompok eksperimen yang mendapatkan perlakuan berupa pembelajaran dengan model TPS. Sedangkan kelas V B berjumlah 23 orang sebagai kelas kontrol yang melakukan pembelajaran menggunakan metode pemberian tugas/resitasi. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini dari kedua kelompok mengenai pemahaman konsep siswa yang didapatkan melalui tes awal dan tes akhir. Untuk mengetahui pengaruh metode TPS terhadap peningkatan pemahaman konsep siswa dapat dilihat dari perbedaan rata-rata dua kelompok sampel. Dari hasil tes awal diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan kedua kelompok sampel sama, sedangkan dari hasil analisis tentang aktivitas siswa pada proses pembelajaran yang menerapkan model pembelajaran model TPS menunjukan kelas eksperimen rata-rata pretes 59,565, hasil postes 84,260 sehingga mengalami kenaikan sebesar 41%, dan gain nya 0,67. Sedangkan untuk kelas kontrolnya dari hasil pretes 57,739, hasil postes 60,347, rata-rata gain nya 0,06 dan terdapat kenaikan sebesar 0,43%. Hal ini menunjukan bahwa penerapan pembelajaran model TPS dalam kegiatan pembelajaran dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa lebih baik. Berdasarkan hasil analisis penggunaan model TPS pemahaman konsep belajar siswa terlihat adanya peningkatan. Hal ini terlihat adanya perubahan, pada awalnya kondisi objektif pemahaman konsep belajar siswa MI Al-Hikmah Kutaraja masih kurang. Setelah  melalui penggunaan metode  TPS pemahaman konsep siswa mengalami peningkatan perubahan siswa menjadi lebih paham.

Downloads

Published

2023-06-21