PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PROGRAM TAHFIDZ AL-QUR’AN DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN SPIRITUAL (Studi Kasus Di SMA Islam Terpadu Al-Multazam Kabupaten Kuningan)
Keywords:
Kecerdasan Emosional, Spiritual, Tahfidz Al-Qur’anAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat kecerdasan emosional dan spiritual pada siswa melalui pendidikan karakter program Tahfidz Al-Qur’an di SMA Islam Terpadu Al-Multazam Kabupaten Kuningan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian mengungkapkan bahwa pertama secara umum siswa program tahfidz memiliki kecerdasan emosional yang baik. Ada beberapa langkah yang dilakukan untuk pengembangan kecerdasan emosional tersebut diantaranya meningkatkan kesadaran diri, melakukan pengaturan diri, memupuk motivasi, meningkatkan rasa empati, membina hubungan yang baik antar sesama sivitas di sekolah. Kedua siswa program tahfidz Al-Qur’an memiliki kecerdasan spiritual yang baik. Metode pengembangannya seperti selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT, sering mengikuti aktifitas sosial, terbuka terhadap perubahan dan berusaha melakukan kebaikan sekecil apapun.