PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIS AUDITORI VISUAL INTELEKTUAL) DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI SISWA KELAS 7 DI SMP NEGERI 2 LURAGUNG

Authors

  • Fauzi Nurul Barkah
  • Muhammad Alghi Ibnu Muslim Universitas Islam Al-Ihya (UNISA) Kuningan

Keywords:

Model Pembelajaran, SAVI, Hasil Belajar, PAI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan model pembelajaran SAVI (somatis auditori visual intelektual) pada mata pelajaran PAI di kelas 7 SMP Negeri 2 Luragung dan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran SAVI (somatis auditori visual intelektual) terhadap hasil belajar PAI siswa kelas 7 di SMP Negeri 2 Luragung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen jenis quasi experimental design dan menggunakan bentuk desain nonequivalent control group design. Teknik sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 2 Luragung kelas 7A sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas 7B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes soal essay. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis (uji t). Berdasarkan perhitungan secara statistik diperoleh nilai thit > ttab atau (7,641 > 2,01) maka Ho ditolak pada taraf signifikan α 5% artinya, terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran SAVI terhadap hasil belajar siswa pada materi Islam memberikan kemudahan melalui salat jamak dan qasar pada kelas 7A SMP Negeri 2 Luragung.

Published

2023-09-15