PENGARUH SOSIALISASI INVESTASI TERHADAP MINAT INVESTASI DI PASAR MODAL SYARIAH (STUDI KASUS MAHASISWA PROGRAM STUDI PERBANKAN SYARIAH UNIVERSITAS ISLAM AL-IHYA KUNINGAN)
Keywords:
Sosialisasi Investasi, Minat Investasi, Pasar Modal SyariahAbstract
Penelitian ini berfokus pada minat mahasiswa dalam berinvestasi di pasar modal syariah, tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui Pengaruh Sosialisasi Investasi Terhadap Minat Investasi Di Pasar Modal Syariah (Studi Kasus Mahasiswa Program Studi Perbankan Syariah Universitas Islam Al-Ihya). Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif. Teknik pengambilan sampel ini menggunakan stratified random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah skala likert. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier sederhana. Melalui uji analisis regresi sederhana diketahui bahwa nilai signifikan dari Sosialisasi Investasi adalah sebesar 0,000002067498294547, ini menunjukkan bahwa 0,000002067498294547 < 0,05 pada taraf signifikansi 5%, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara Pengaruh Sosialisasi Investasi terhadap Minat Investasi di Pasar Modal Syariah. Dengan perolehan nilai koefisien determinasi sebesar 0,352850306. Hal ini berarti X dapat menjelaskan Y sebesar 35,28% dan 64,72% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian. Dengan demikian terdapat pengaruh antara sosialisasai investasi terhadap minat investasi di pasar modal syariah.