ANALISIS METODE BERCERITA (DONGENG) PADA MATA PELAJARAN SIROH SEBAGAI PEMBENTUKAN NILAI KARAKTER PESERTA DIDIK

Authors

  • Aam Badriyatul Hamdiyah Universitas Islam Al-Ihya Kuningan
  • Fitria Atika Rohmah

Keywords:

Metode Bercerita, Siroh, Pendidikan Karakter

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data berupa observasi dan wawancara. Subjek penelitian adalah guru kelas V dan peserta didik kelas V SDIP Baitussalam Kuningan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan penerapan metode bercerita (dongeng) sebagai pembentuk karakter peserta didik kelas V SDIP Baitussalam Kuningan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa metode bercerita (dongeng) yang dilakukan terhadap pembelajaran SIROH dipandang efektif sebagai pembentukan nilai karakter peserta didik jika diterapakan sebagai kegiatan rutin yang guru laksanakan terhadap peserta didiknya di kelas 5 SDIP Baitussalam. Salah satu contoh hikmah dari cerita sahabat nabi yang bernama Bilal Bin Rabbah bahwasannya Allah tidak melihat seseorang dari harta, tahta serta rupa. Karena sepatu Fir’aun yang terbuat dari emas pun berada di neraka, sedangakan terompah Bilal berada di Syurga. Dari cerita tersebut siswa-siswi di SDIP Baitussalam sudah mulai menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, mulai dari saling menghargai, tidak membeda-bedakan teman, dan tidak berlaku sombong.

Published

2023-09-15