PENGARUH STRATEGI MARKETING MIX TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MELAKUKAN PEMBIAYAAN MUDHARABAH
Keywords:
Produk, Harga, Promosi, Lokasi, Orang, Pengaruh Bukti FisikAbstract
Studi ini menyelidiki elemen bauran pemasaran bank syariah di Indonesia dan dampaknya terhadap keputusan nasabah, khususnya dalam konteks bank pembiayaan umum syariah (BPRS). Meskipun perbankan syariah semakin berkembang, namun skala dan kecepatan pertumbuhannya belum sama dengan bank konvensional, hal ini sebagian disebabkan oleh kurangnya pemahaman komprehensif masyarakat Indonesia dan kebutuhan akan sumber daya manusia yang memiliki keahlian khusus. Dengan menggunakan penelitian kualitatif dengan metodologi asosiatif, penelitian ini membangun korelasi antara variabel independen (produk, harga, promosi, orang, proses, bukti fisik) dan pengambilan keputusan pelanggan. Sebuah kuesioner yang terdiri dari 32 item digunakan, dengan penekanan khusus pada tujuh variabel: produk (4 item), harga (4 item), promosi (4 item), orang (3 item), proses (4 item), bukti fisik (4 item). ), dan keputusan pelanggan (4 item). Survei dilakukan kepada 101 responden yang memenuhi kriteria yang dipersyaratkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor bukti fisik dengan nilai signifikan sebesar 0,014 (kurang dari ambang batas 0,05) memiliki pengaruh yang terbatas terhadap keputusan nasabah menggunakan bank pembiayaan umum syariah. Hal ini menunjukkan perlunya eksplorasi lebih lanjut terhadap faktor-faktor lain yang mungkin lebih signifikan mempengaruhi keputusan pelanggan di sektor ini.