Pengaruh Emotional Marketing terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan Di PT Bank BJB Syariah

Indonesia

Authors

  • Dicky Fauzi Firdaus Universitas Islam Al-Ihya (UNISA) Kuningan Jawa Barat, Indonesia
  • Dewi Fitria Nurazizah Universitas Islam Al-Ihya (UNISA) Kuningan Jawa Barat, Indonesia

Keywords:

Emotional Marketing, Loyalitas Nasabah

Abstract

Tujuan yang dikaji dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui emotional marketing di Bank BJB Syariah Kantor Cabang Kuningan, untuk mengetahui loyalitas nasabah di Bank BJB Syariah Kantor Cabang Kuningan dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh emotional marketing terhadap loyalitas nasabah di Bank BJB Syariah Kantor Cabang Kuningan. Responden dalam penelitian ini adalah 92 responden dengan menggunakan tekhnik sample yang disebut dengan metode slovin. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa emotional marketing menurut persepsi nasabah Bank BJB Syari’ah Kantor Cabang Kuningan mencapai 87,16% yang termasuk pada kriterium sangat kuat, artinya emotional marketing Bank BJB Syariah Kantor Cabang Kuningan sudah baik. Loyalitas nasabah di Bank BJB Syariah Kantor Cabang Kuningan juga sudah baik. Hal itu dibuktikan dengan hasil gambaran loyalitas nasabah Bank BJB Syari’ah Kantor Cabang Kuningan telah mencapai 85,72% yang termasuk pada kriterium sangat kuat. Penelitian ini menggunakan analisis uji regresi linear sederhana, koefisien determinasi, dan uji t. Berdasarkan hasil data di atas diperoleh hasil koefisien determinasi menunjukkan 28,3% besarnya pengaruh emotional marketing terhadap loyalitas nasabah. Sisanya sebesar 71,7% dipengaruhi oleh faktor variabel-variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Dan diperoleh t hitung (5,955) > t tabel (1,987) artinya terdapat pengaruh emotional marketing terhadap loyalitas nasabah di Bank BJB Syariah Kantor Cabang Kuningan.

Published

2021-01-22