PENGARUH SEGMENTASI PASAR TERHADAP PENJUALAN BATIK MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM(Studi Batik Banten Bhayangkara Serang)
Keywords:
Segmentasi Pasar , PenjualanAbstract
Abstrak
Batik Banten Bhayangkara Serang merupakan industri batik yang penjualannya menggunakan segmentasi psikografis. Menyasar kalangan menengah ke atas, penjualan batik mengalami peningkatan yang cukup signifikan, padahal segmen ini mempunyai risiko di atas risiko normal.
Dari latar belakang diatas penulis dapat merumuskan masalah sebagai berikut: 1) Apakah terdapat pengaruh segmentasi pasar terhadap penjualan? 2) Seberapa besar pengaruh segmentasi pasar terhadap penjualan?
Tujuan penelitian ini adalah: 1). Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh segmentasi pasar terhadap penjualan. 2). Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh segmentasi pasar terhadap penjualan batik Banten Bhayangkara Serang.
Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Dalam penelitian ini penulis melakukan teknik pengumpulan data dengan beberapa cara seperti menggunakan data primer. Pengumpulan data ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 36 responden batik Banten dengan jumlah kuesioner 72 lembar yang terdiri dari variabel X dan variabel Y masing-masing sebanyak 36 lembar.
Dari hasil penelitian dan perhitungan penulis dapat menyimpulkan bahwa variabel segmentasi pasar (x) mempunyai koefisien korelasi sebesar 0,623. Hal ini menunjukkan adanya hubungan yang KUAT antara segmentasi pasar dengan penjualan karena berada pada rentang 0,60-0,799. Sedangkan arah hubungannya positif karena nilai r positif artinya semakin baik segmentasi pasar maka penjualan akan meningkat dari periode/tahun sebelumnya. R Square (R2) menunjukkan nilai koefisien determinasi sebesar 0,388 artinya 38,8% variabel Y (Penjualan) dapat dijelaskan atau dipengaruhi oleh variabel X (segmentasi pasar). Dengan demikian, sisanya sebesar 61,2% tidak dijelaskan atau dipengaruhi oleh variabel segmentasi pasar (X)