PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA DALAM PEMBELAJARAN DI SMP BINAUL UMMAH KUNINGAN

Authors

  • Firda Halawati Universitas Islam Al-Ihya (UNISA) Kuningan
  • Rizki Abdul Sukur Universitas Islam Al-Ihya (UNISA) Kuningan

Keywords:

Penerapan Kuriukulm Merdeka , Pembelajaran

Abstract

Abstrak

Masalah yang menjadi fokus penelitian ini adalah bagaimana penerapan kurikulum merdeka dalam pembelajaran di SMP Binaul Ummah Kuningan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk 1). Untuk  mendeskripsikan  proses  penerapan  kurikulum  merdeka; 2). Untuk mengidentifikasi apa saja problematika yang dihadapi oleh guru dalam penerapan kurikulum merdeka di SMP Binaul Ummah Kuningan; 3). Untuk mengetahui  solusi   yang   dilakukan   oleh   guru   dalam menghadapi problematika penerapan kurikulum merdeka di SMP Binaul Ummah Kuningan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan di penelitian ini merupakan sumber primer yakni hasil wawancara sebanyak 10 subjek responden yakni Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, Guru dan Peserta Didik dan sumber sekunder yang merupakan jurnal dan buku-buku. Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa penerapan pembelajaran terdiri dari 3 kegiatan yang pertama ada kegiatan pendahuluan lalu kegiatan inti dan di tutup dengan kegiatan penutup, ditambah dengan adanya projek P5. Kemudian terdapat permasalahan yang terjadi dalam penerapan pembelajaran yaitu pendidik kurang mengikuti pelatihan, pembelajaran terdiferensiasi yang kurang maksimal dan mindset. Sehingga upaya yang dilakukan dalam mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan mengikuti workshop intern/ekstern, meningkatkan pengetahuan dan kreativitas sebagai seorang guru dan sharing kepada sesama pendidik atau kepada orang yang lebih tau.

Downloads

Published

2024-08-20