PERAN GURU PAI DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA DI SEKOLAH

Authors

  • Sopandi Universitas Islam Al-Ihya (UNISA) Kuningan
  • Ade Rivan Ramadhani Universitas Islam Al-Ihya (UNISA) Kuningan
  • Fatimah Azzahra Universitas Islam Al-Ihya (UNISA) Kuningan
  • Intan Kholisotul Muthi’a Universitas Islam Al-Ihya (UNISA) Kuningan
  • Wasykhatun Universitas Islam Al-Ihya (UNISA) Kuningan

Keywords:

Guru PAI, Kompetensi Guru , Moderasi Beragama

Abstract

Abstrak

Indonesia merupakan negara majemuk. Hal itu, dilihat dari perbedaan sudut pandang agama, suku, dan budaya. Kemajemukan menimbulkan dampak sosial yang tidak hanya positif melainkan menegangkan bahkan mengkhawatirkan. Hal itu ditunjukkan dengan jumlah konflik keagamaan yang banyak memakan jumlah korban. Penelitian ini berupaya menggali peran guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam menanamkan nilai-nilai moderasi beragama. Penelitian menggunakan metode kualitaitf dengan pendekatan studi pustaka. Peran guru agama sangat menentukan corak atau paham keagamaan siswa yang moderat, sejalan dengan nilai-nilai wasathiyah Islam. Peran tersebut diperkuat dengan peninjauan kembali empat kompetensi guru yaitu aspek kepribadian, pedagogik, sosial, dan profesional. Empat aspek itu menjadi satu kesatuan gerak yang melekat dalam diri para pendidik untuk menanamkan nilai-nilai moderasi beragama, mulai dari pemberian tauladan (kepribadian), manajemen kelas (pedagogik), komunikasi interaktif dengan stakeholder pendidikan (sosial), dan penguasaan serta pengembangan bahan ajar (profesional) Pendidikan Agama Islam yang berorientasi pada wasathiyah Islam atau moderasi beragama.

Downloads

Published

2024-08-20