PENGARUH PENGGUNAAN SHOPEE PAYLATER TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM(Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ilmu Keislaman (FIK) Universitas Islam Al-Ihya (UNISA) Kuningan Angkatan 2020)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan Shopee Paylater terhadap perilaku konsumtif mahasiswa FIK UNISA Kuningan dalam perspektif ekonomi Islam dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan Shopee Paylater terhadap perilaku konsumtif mahasiswa FIK UNISA Kuningan dalam perspektif ekonomi Islam. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian korelasional kuantitatif yaitu penelitian yang dirancang untuk menentukan tingkat variabel-variabel yang berbeda dalam satu populasi. Metode korelasional kuantitatif dipilih untuk untuk meneliti pengaruh penggunaan fitur Shopee Paylater terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Fakultas Ilmu Keislaman (FIK) Universitas Islam Al-Ihya (UNISA) Kuningan Angkatan 2020. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa Mahasiswa yang aktif menggunakan Shopee Paylater 33% sedangkan yang kurang aktif sebesar 67%. Dapat disimpulkan bahwa tingkat penggunaan Shopee Paylater mahasiswa di Universitas Islam Al-Ihya (UNISA) Kuningan cukup rendah. Dan mahasiswa yang berperilaku konsumtif 57%. Dapat disimpulkan bahwa tingkat perilaku konsumtif mahasiswa FIK di Universitas Islam Al-Ihya cukup tinggi. Hasil analisis koefisiensi determinasi diketahui nilai adjusted R Square sebesar 0,175 = 17% maka dapat disimpulkan bahwa penggunaa Shopee Paylater berpengaruh terhadap Perilaku perilaku konsumtif Mahasiswa FIK sebesar 17% dan sisanya 83% dipengaruhi bukan dari penggunaan Shopee Paylater atau diluar penelitian ini.
Kata Kunci: Penggunaan Shopee Paylater, Perilaku Konsumtif