IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM PERKEMBANGAN MORALITAS SISWA

Authors

  • Dewi Mutiah Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Cirebon
  • Rina Rahmawati Universitas Islam Al-Ihya (UNISA) Kuningan
  • Ibrohim Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Cirebon
  • Restu Banu Aji Universitas Islam Al-Ihya (UNISA) Kuningan

Abstract

Implementasi pembelajaran akidah akhlak dalam perkembangan moralitas Peserta didik bertujuan untuk mengetahui bagaimana konsep pembelajaran akidah akhlak, untuk mengetahui bagaimana pengimplementasian pembelajaran aqidah akhlak dalam mengembangkan moralitas.

Peserta didik dan untuk mengetahui apakah ada faktor pendukung dan penghambat dalam perkembangan moralitas peserta didik melalui penerapan pembelajaran aqidah akhlak. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Studi kasus adalah eksplorasi mendalam dari sistem terikat berdasarkan pengumpulan data dalam hal waktu, tempat, atau batas-batas fisik.  Teknik pengumpulan data menggunakan metode penelitian observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa. Implementasi pembelajaran Aqidah Akhlak dan perkembangan moralitas Peserta didik di MTs Negeri 8 Kuningan dilihat dari keseharian Peserta didik dengan upaya guru Aqidah Akhlak yaitu memberikan motivasi, nasehat dan dorongan untuk membangkitkan semangat belajar peserta didik. Faktor pendukung dan penghambat implementasi pembelajaran aqidah akhlak dalam perkembangan moralitas peserta didik di MTs Negeri 8 Kuningan, meliputi: (a) faktor pendukung seperti kegiatan keagamaan yang diadakan sekolah, contohnya melaksanakan shalat Sunnah dhuha dan shalat dzuhur berjama'ah., sedangkan (b) Faktor penghambat seperti kegiatan keagamaan masih ada sebagian Peserta didik yang kurang bersemangat dalam mengikuti kegiatan keagamaan.

Kata Kunci: Implementasi, Pembelajaran Akidah Akhlak, Perkembangan Moralitas siswa

Downloads

Published

2024-10-29