Pengaruh Brand Equity terhadap Kepuasan Nasababah (Penelitian Di Bank BJB Syariah Kantor Cabang Pembantu Kuningan)

Authors

  • Hanif Shobaruddin Universitas Islam Al-Ihya (UNISA) Kuningan Jawa Barat, Indonesia
  • Rio Habibudin Universitas Islam Al-Ihya (UNISA) Kuningan Jawa Barat, Indonesia

Keywords:

Brand, Brand Equity, Kepuasan Nasabah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh brand equity produk yang dikeluarkan oleh bank BJB Syariah Kantor Cabang Pembantu Kuningan. Tabungan dan pembiayaan merupakan output yang ditawarkan oleh bank BJB Syariah guna mencapai kepuasan nasabahnya. Salah satu cara untuk mengetahui tingkat kepuasan nasabah terhadap produk tersebut dilakukan metode penyebaran angket. Metode penelitian yang digunakan ialah deskriptif kuantitatif dengan teknik sampelnya yaitu accidental sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari kuesioner dengan teknik analisis yang digunakan adalah uji normalitas data, uji koefisien determinasi, uji regresi linier sederhana dan menggunakan uji hipotesis yaitu uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai distribusi data 0,128 dan 0,051 lebih besar dari nilai probabilitas yaitu 0,05. Koefisien arah regresi 0,784 hubungan positif memberikan pengaruh sebesar 61,1% dan nilai t hitung 2.878 lebih besar dari t tabel yaitu 1.660 dengan nilai signifikan kurang dari 0,05. Dari penelitian ini diperoleh nilai 61,1%  brand equity mempengaruhi kepuasan nasabah.

Published

2021-01-22