Pemikiran Muhammad Abduh tentang Pembaruan Pendidikan
Keywords:
Muhammad Abduh, Pembaruan PendidikanAbstract
Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui dan mengkaji pemikiran Muhammad Abduh tentang pembaharuan pendidikan melalaui implementasi metode pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis yaitu mendeskripsikan latar belakang pemikiran, inti pemikiran dan pengaruh pemikiran Muhammad Abduh terhadap perkembangan pemikiran pendidikan Islam. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah karya-karya Muhammad Abduh dan karya-karya pemikir Islam yang mengkaji dan menganalisis pemikiran Muhammad Abaduh. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, sajian data dan kesimpulan atau verifikasi. Hasil analisis mengindikasikan bahwa Muhammad Abduh adalah tokoh muslim yang popular yang dikenal sebagai pemikir dalam bidang pendidikan Islam mewakili kelompok modernis-rasionalis yang responsif terhadap perkembangan ilmu pengetahuan. Muhammad Abduh melakukan pembaharuan dalam pendidikan Islam dengan memgintegrasikan antara ilmu umum dengan ilmu agama. Pendidikan baginya bukan hanya bertujuan mengembangkan aspek kognitif (akal), tetapi juga perlu menyelaraskan dengan aspek afektif (moral) dan psikomotorik (keterampilan). Sehingga Umat Islam terhindar dari kejumudan, keterbelakangan dalam berfikir dan taklid yang berlebihan. Pemikiran Muhammad Abduh tentang pembaharuan pendidikan melalui implementasi metode pembelajaran sesuai dengan kebutuhan dunia industry dan relevan dengan perkembangan ilmu pengetahuan.