DISIPLIN KERJA DAN MOTIVASI KERJA PENGARUHNYA TERHADAP KINERJA GURU ASN DI SMAN 1 CIRUAS

Authors

  • Dandi Mulya Permana Universitas Bina Bangsa Banten
  • Asep Munir Hidayat Universitas Bina Bangsa Banten
  • Anti Wulan Agustini Universitas Bina Bangsa Banten

Keywords:

Kinerja , Disiplin Kerja , Motivasi Kerja

Abstract

SMA Negeri 1 Ciruas yang letaknya di Kabupaten Serang, Provinsi Banten, masih banyaknya guru ASN yang datang terlambat dengan beberapa alasan yaitu perjalanan yang jauh ataupun terjebak kemacetan, ada juga beberapa guru ASN yang memang datang terlambat menjadi suatu kebiasaan, dampak dari pada ketidak disiplian itu berpengaruh terhadap kinerja seorang guru ASN dan juga menjadi sebuah contoh yang kurang baik bagi para siswa yang datang lebih awal di banding gurunya yang terlambat, dan kurangnya motivasi juga menjadi sebuah alasan mengapa masih ada beberapa guru ASN yang tidak disiplin, ketika kurangnya motivasi dan juga kurangnya rasa disiplin dapat mengakibatkan menurunnya kinerja seorang guru ASN pada saat melakukan kewajibannya dalam mengajar.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui disiplin kerja dan motivasi kerja pengaruhnya terhadap kinerja guru ASN di SMA N 1 Ciruas
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui disiplin kerja dan motivasi kerja pengaruhnya terhadap kinerja guru ASN di SMA N 1 Ciruas
Penelitian ini mengunakan metode penelitian kuantitatif dengan data primer yang diperoleh dari responden. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah jumlah keseluruhan guru ASN SMA N 1 Ciruas 43 sampel populasi . Sampel yang digunakan ialah sampel jenuh dimana semua populasi dijadikan sampel, maka jumlah sampel sebanyak 43. Metode analisis menggunakan metode analisis regresi linear berganda. Data diuji dengan menggunakan bantuan software SPSS versi 27.
Hasil perhitungan analisis linear berganda Y = 27.938 + -1.000 (X1) – 0.738 (X2) + e. Hasil yang diperoleh menunjukan bahwa disipin dengan nilai signifikasi 0,000<0,05, dan motivasi kerja dengan nilai signifikasi signifikasi 0,000<0,05. Kemudian hasil penentuan uji f dengan nilai signifikasi 0,000 < 0,05.
Kesimpulan yang diperoleh menunjukan bahwa secara parsial disiplin berpengaruh signifikan terhadap kinerja dan motivasi kerja secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru ASN. Kemudian, secara simultan disiplin dan motivasi kerja berpengaruh dan signifikan terhadap kinerja pegawai.

Downloads

Published

2025-02-27