IMPLEMENTASI PEMIKIRAN AL-GHAZALI TENTANG TAUBAT DALAM KITAB MINHAJUL ABIDIN DAN RELEVANSINYA DENGAN PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI PONDOK PESANTREN NURUL HUDA KELURAHAN WINDUSENGKAHAN KECAMATAN KUNINGAN
Keywords:
Al-Ghazali , Taubat , Aqidah Akhlak , Pesantren , KarakterAbstract
Penelitian ini bertujuan mengkaji implementasi pemikiran Imam Al-Ghazali tentang taubat dalam Minhajul Abidin dan relevansinya terhadap pembelajaran Aqidah Akhlak di Pondok Pesantren Nurul Huda, Kuningan. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan studi kasus. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep taubat Al-Ghazali berhasil diterapkan melalui keteladanan guru, lingkungan pesantren yang religius, serta integrasi nilai taubat dalam kurikulum. Santri memahami taubat sebagai penyesalan, berhenti dari perbuatan dosa, dan bertekad untuk tidak mengulanginya. Kendala yang dihadapi meliputi pengaruh lingkungan luar, kurangnya dukungan orang tua, dan penyalahgunaan teknologi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa konsep taubat sangat penting dalam pembentukan karakter santri dan relevan diterapkan dalam pendidikan akhlak pesantren masa kini.