MAKNA BACAAN DALAM SHOLAT SEBAGAI BENTUK KOMUNIKASI TRANSENDENTAL GENERASI Z (STUDI FENOMENOLOGI PADA MAHASISWA KPI UNISA)

Authors

  • Fauzi Nurul Barkah Universitas Islam Al-Ihya (UNISA) Kuningan
  • Mela Maylani Universitas Islam Al-Ihya (UNISA) Kuningan

Keywords:

Sholat , Komunikasi Transendental , Generasi Z

Abstract

Sholat merupakan salah satu pilar utama dalam Islam yang tidak hanya bersifat ritual, tetapi juga menjadi medium komunikasi transendental antara hamba dan Tuhannya. Bacaan-bacaan dalam sholat seperti Surah Al-Fatihah, doa rukuk dan sujud, hingga tasyahhud mengandung makna spiritual yang mendalam. Namun, di kalangan generasi Z yang hidup dalam arus digitalisasi, sering kali bacaan tersebut hanya diucapkan sebagai kewajiban formal tanpa pemaknaan mendalam. Penelitian ini bertujuan untuk menggali bagaimana mahasiswa KPI Universitas Islam Al-Ihya Kuningan (UNISA) sebagai representasi generasi Z, memaknai bacaan dalam sholat sebagai bentuk komunikasi transendental. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dan observasi non-partisipatif terhadap mahasiswa KPI yang aktif menjalankan ibadah sholat. Analisis data dilakukan menggunakan model Colaizzi untuk mengeksplorasi pengalaman spiritual partisipan dalam meresapi makna bacaan sholat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa mengalami perubahan makna terhadap bacaan sholat seiring dengan bertambahnya kedewasaan spiritual dan pengalaman hidup. Bacaan seperti “Iyyaka na’budu wa iyyaka nasta’in” menjadi ekspresi nyata atas ketergantungan mereka kepada Allah dalam menghadapi tantangan akademik dan personal. Namun, ditemukan pula dinamika kualitas spiritual yang fluktuatif akibat gangguan eksternal seperti tekanan waktu dan distraksi digital. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa bacaan dalam sholat memiliki potensi besar sebagai bentuk komunikasi transendental di kalangan generasi Z, asalkan didukung oleh kesadaran spiritual, refleksi batin, serta lingkungan pendidikan yang memfasilitasi pemaknaan ibadah secara mendalam.

Downloads

Published

2025-05-31