PENGARUH PENERAPAN SOAL BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) TERHADAP SELF EFFICACY PESERTA DIDIK

Authors

  • Firda Halawati Universitas Islam Al-Ihya (UNISA) Kuningan
  • Gina Nur Apriliani Universitas Islam Al-Ihya (UNISA) Kuningan

Keywords:

Higher Order Thinking Skills , Self efficacy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui penerapan Higher Order Thinking Skills (HOTS) peserta didik kelas VIII di SMPN 7 Kuningan. (2) mengetahui self efficacy peserta dididk kelas VIII di SMPN 7 Kuningan. (3) mengetahui bagaimana pengaruh penerapan soalberbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) terhadap self efficacy Peserta Didik di SMPN 7 Kuningan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII SMPN 7 Kuningan dengan jumlah 344 siswa. Teknik dalam pengambilan sampel yaitu menggunakan purposive sampling sebanyak 54 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal olimpiade berbasis HOTS dan angket self efficacy  yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis pengujian hipotesis data dalam penelitian ini menggunakan regresi linear sederhana yang sebelumnya telah diuji normalitas, homogenitas dan linearitas. Hasil dalam penelitian ini (1) Tingkat Higher Order Thinking Skills (HOTS) peserta didik termasuk dalam kategori tinggi dengan presentase sebesar 57% dengan jumlah 31 orang siswa. (2) Tingkat Self efficacy peserta didik termasuk dalam kategori tinggi dengan presentase sebesar 57% dengan jumlah 31 siswa. (3). Tidak terdapat pengaruh penerapan soal berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) terhadap self efficacy peserta didik kelas VIII di SMPN 7 Kuningan. Hasil analisis regresi linear sederhana menunjukan nilai signifikansi 0,924 > 0,05, dengan nilai korelasi 0,013 yang berarti hubungan korelasi sangat rendah, dengan nilai R Square 0,0%.

Downloads

Published

2025-05-31