HUBUNGAN MUTU PELAYANAN GIZI DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP KELAS 3 DI RUMAH SAKIT PELABUHAN CIREBON TAHUN 2023

Authors

  • Enung Nur'Aisah Universitas Islam Al Ihya Kuningan
  • Suhartini Universitas Islam Al Ihya Kuningan

Keywords:

Pelayanan gizi, Mutu Pelayanan, kepuasan pasien

Abstract

Kepuasan pasien merupakan salah satu indikator penting yang harus diperhatikan dalam pelayanan kesehatan.Mutu pelayanan gizi merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien terhadap pelayanan yang diberikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan mutu pelayanan gizi dengan kepuasan pasien rawat inap kelas 3 di Rumah Sakit Pelabuhan Cirebon. Penelitian ini bersifat analitik dengan desain cross-sectional. Populasi dalam penelitian ini pasien rawat inap kelas 3 di Rumah Sakit Pelabuhan Cirebon dan subjek penelitian sebanyak 68 responden dengan teknik pengambilan sampel acak sederhana secara accidental sampling. Hasil  analisis univariat  ditemukan 47.1% pasien menyatakan pelayanan gizi tidak baik, 52.9% menyatakan pelayanan gizi baik pada ruang rawat kelas 3 di Rumah Sakit Pelabuhan Cirebon. 45.6%  pasien menyatakan tidak puas, 54.4% pasien menyatakan puas dengan pelayanan gizi pada ruang rawat kelas 3 di rumah Sakit Pelabuhan Cirebon. Analisis bivariat menunjukkan terdapat hubungan mutu pelayanan gizi dengan tingkat kepuasan yang dirasakan pasien rawat inap kelas 3 di Rumah Sakit Pelabuhan Cirebon (P = 0.002).

Downloads

Published

2024-08-15