IMPLEMENTASI COSTUMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) PADA OBJEK WISATA CIPANAS SUBANG BERBASIS WEB MOBILE
DOI:
https://doi.org/10.704776/jft.v5i3.5Keywords:
Customer Relationship Management, Cipanas, Informasi, Tiket, Web MobileAbstract
Pada Objek Wisata Cipanas pengelolaan penjualan tiket masuk dan tiket sewa penginapan masih menggunakan cara manual dengan penggunaan kertas sebagai alat validasi bagi pengunjung dalam memesan tiket masuk atau pun tiket sewa penginapan, Dengan meningkatnya penggunaan internet melalui smartphone di kalangan masyarakat, hal ini di manfaatkan sebagai peluang untuk meningkatkan layanan publik bagi para calon pengunjung Objek Wisata Cipanas, bahwa Penggunaan perangkat tersebut tidak hanya digunakan untuk alat komunikasi, namun juga sebagai alat informasi, Berdasarkan hasil dari penerapan Customer Relationship Management (CRM) berbasis web mobile pada Objek Wisata Cipanas Subang Berbasis Web Mobile maka dapat disimpulkan bahwa, Sistem informasi pada objek wisata Cipanas yang di dalam nya meliputi transaksi pemesanan tiket masuk dan sewa penginapan dengan menerapkan konsep CRM Operasional sehingga dapat mempermudah proses bisnis perusahaan dengan pelanggan dalam pemenuhan pelayanan secara terotomatisasi dengan tujuan untuk meningkatkan loyalitas pengunjung, Sistem informasi pada objek wisata Cipanas Subang dapat di implementasikan ke dalam website yang dapat mempermudah penyampaian informasi –informasi mulai dari fasilitas,jam operasional, titik lokasi dan pemesanan tiket masuk atau penginapan agar dapat memenuhi kebutuhan pelanggan.